Cara Menghitung Masa Kerja dengan Excel 2010

Tutorial kali ini, penulis ingin berbagi ilmu yang simple tetapi mungkin tidak lazim digunakan oleh user Microsoft Excel yang bekerja di bagian pemasaran atau penjualan bahkan accounting. Fungsi ini sering berkaitan dengan bagian HRD.

Seorang karyawan yang bekerja di bagian HRD membutuhkan fungsi perhitungan masa kerja untuk penetapan atau penentuan gaji, tunjangan, fasilitas, promosi dan mungkin juga dalam penentuan besarnya bonus yang akan diterima karyawan.
Ilustrasi Data Karyawan


Asumsi "Nindita Arum Sari bekerja di PT. Harapan Maju & Berkembang sejak tanggal 1 November 2004, Hari ini staf HRD ingin menghitung masa kerja karyawan tersebut." Haruskah kita menghitung manual? Kalo seperti ini, pastilah membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Apalagi kalo pimpinan meminta kita untuk menghitung masa kerja seluruh karyawan. Bayangkan kalau karyawan perusahaan ada 500 orang, berapa waktu yang dibutuhkan jika satu karyawan kita butuh 5 menit?

Microsoft Excel telah menyediakan rumus yang simple tetapi sangat membantu user untuk menghitung masa kerja, sehingga staf HRD tidak perlu lagi menghitung secara manual

D6:
=DATEDIF(C6;TODAY();"Y") 

E6:
=DATEDIF(C6;TODAY();"YM") 

F6:
=DATEDIF(C6;TODAY();"MD")


Keterangan:
C6               : berisi tanggal masuk atau gabung dengan perusahaan
TODAY()    : fungsi excel untuk mengambil tanggal hari ini dari komputer
"Y"              : untuk menghitung tahun
"YM"           : untuk menghitung bulan
"MD"           : untuk menghitung hari

Untuk menghasilkan angka : 11 Tahun 3 Bulan 15 Hari, gunakan fungsi CONCATENATE lihat tutorial "Microsoft Office 2007: Menggunakan Fungsi Concatenate"  

D23:
=CONCATENATE(DATEDIF(C6;TODAY();"Y");" Tahun ";DATEDIF(C6;TODAY();"YM");" Bulan ";DATEDIF(C6;TODAY();"MD");" Hari ")

Semoga bermanfaat...


Pengunjung Blog