Untuk menggunakan remote desktop, Anda memerlukan beberapa persyaratan berikut:
- Windows XP Profesional telah terinstal di computer Anda, atau computer yang akan Anda kontrol dari komputer lain. Komputer ini kita kenal sebagai host
- Komputer pengontrol telah terinstal windows 95 atau windows versi diatasnya. Komputer ini biasa kita kenal sebagai client dan harus memiliki atau terinstal software Remote Desktop Connection.
- Koneksi ke internet. Koneksi internet broadband (dengan kecepatan tinggi) dapat meningkatkan performanya, tetapi ini tidak menjadi suatu keharusan sebab transfer Remote Desktop hanya membutuhkan data yang minimal (seperti data display, keyboard) untuk melakukan remote computer host Anda
Pertama-tama Anda harus mengaktifkan fasilitas Remote Desktop di computer kantor Anda sehingga Anda dapat mengontrolnya dari computer lain. Anda harus log on sebagai administrator atau anggota grup administrator untuk mengaktifkan Remote Desktop di computer Windows XP Professional.
LANGKAH SETTING KOMPUTER KANTOR
- Buka System dalam Control Panel. Klik Start, pilih Settings, klik Control Panel, kemudian dobel klik System
- Dalam tab Remote, beri centang Allow users to connect remotely to this computer seperti terlihat di gambar.
- Pastikan Anda mendapatkan ijin untuk melakukan koneksi, klik OK
- Biarkan computer tetap menyala dan terkoneksi ke dalam jaringan dengan akses internet. Kunci computer Anda.
Software Remote Desktop Connection Client kompatibel dengan computer Windows 95, Windows 98, Windows 98 SE, Windows ME, Windows NT 4.0 atau Windows 2000 untuk mengontrol computer Windows XP Profesional. Software Client ini telah tersedia di master CD Windows XP Profesional dan Windows XP Home Edition. Software Client ini secara default telah berjalan di computer Windows XP Profesional dan Windows XP Home Edition.
LANGKAH INSTALASI REMOTE DESKTOP CONNECTION SOFTWARE DI KOMPUTER KLIENT
- Masukan CD Windows XP ke dalam CD-ROM
- Saat halaman welcome tampil di display Anda, klik Perform additional tasks, kemudian klik Setup Remote Desktop Connection seperti tampak di gambar.
- Kemudian ikuti installation wizard yang terlihat di layar Anda.
Nah, jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas. Sekarang Anda dapat meremote computer kantor Anda di manapun Anda berada.
LANGKAH MEMBUAT KONEKSI REMOTE DESKTOP
- Buka Remote Desktop Connection. (Klik Start, pilih Programs atau All Programs, pilih Accessories, pilih Communications, kemudian klik Remote Desktop Connection)
- Di Computer, ketik nama computer Windows XP Professional yang ingin di remote dan pastikan remote desktop telah diaktifkan dan Anda memiliki hak untuk mengontrol computer tersebut.
- Klik Connect. Layar Anda akan menampilkan kotak Log On to Windows.
- Ketik user nama, password, dan domain (jika diperlukan) di dalam kotak Log On to Windows akhiri dengan penekanan tombol OK. Window akan membukan dan menampilkan setting desktop, file dan program yang Ada di computer yang dikontrol. Komputer yang Anda remote akan otomatis terkunci.
Catatan:
Lakukan perubahan di setting koneksi (seperti ukuran layar, performa dan lain sebagainya) dengan mengklik Options sebelum melakukan koneksi.
LANGKAH MEMBUKA KONEKSI YANG TERSIMPAN
- Masuk ke Windows Explorer, buka folder My Documents\Remote Desktops
- Klik file .Rdp untuk melakukan koneksi yang diinginkan.
Catatan:
File remote desktop (.rdp) berisi semua informasi yang berkaitan dengan computer yang dikontrol. Anda dapat membuat beberapa file .rdp, termasuk koneksi ke computer yang sama dengan setingan yang berbeda. Contoh: Anda dapat menyimpan koneksi ke computer yang sama dengan koneksi full screen mode ataupun dengan ukuran layar 800 x 600. Secara default file .rdp tersimpan di folder My Documents\Remote Desktops. Untul melakukan perubahan cukup klik kanan di file .rdp yang mau diruba kemudian klik Edit.
LANGKAH LOG OFF ATAU MENGAKHIRI SESSION
- Di dalam window Remote Desktop Connection, klik Start, kemudian klik Disconnect
- atau Anda bisa melakukan Log Off , kemudian klik OK
No comments:
Post a Comment
Please write your's comment, Thank You!