Software pembuat file ISO

Sejenak tertegun hati saya melihat beberapa driver motherboard, VGA, Printer dan beberapa Hardware yang lain. Makin hari makin banyak CD driver yang tersimpan dalam box MultiDisk, tiada terasa makin penuh dan penuh. Belum lagi koleksi CD/DVD Linux yang sengaja aku kumpulkan buat referensi, sekaligus pendukung tulisan-tulisan yang ingin aku buat. Terbersit di pikiranku tuk mengarsipkan file-file tersebut ke dalam External Hardisk, tetapi aku sangat khawatir dengan virus yang mungkin masuk dengan mudah external hardisk dan merusak file-file yang telah terkopi ke dalam hardisk.

Beberapa artikel aku baca akhirnya aku menemukan sebuah artikel tentang virtual disk (Alkohol 120%, Virtual CD) dan Virtual Machine (VMware). Pada intinya software-software itu berfungsi sebagai CD Virtual alias seakan-akan kita memiliki sebuah CD/DVD meski di komputer kita tidak ada hardware tersebut. Sedangkan VMware berguna untuk membuat satu komputer bisa menjalankan berbagai macam sistem operasi (Windows, Novel maupun Linux) hal ini sangat membantu rekan-rekan yang ingin belajar Linux tapi masih ragu karena harus kehilangan Windows.

Agar file yang terkopi ke external hardisk tidak terinfeksi virus, maka aku mencoba membuatnya dalam format image file (.nrg atau .iso). Biasanya aku membuat file .iso menggunakan nero tetapi kali ini aku tidak dapat menemukan fungsi tersebut karena neroku telah aku upgrade ke versi 7. Akhirnya aku browsing internet dan aku temukan sebuah software pembuat file .iso yang kecil dan mudah digunakan. FreeIsoCreator

Mungkin tulisan kecil ini dapat menginspirasi rekan-rekan yang mau mengarsipkan CD/DVD koleksinya sekaligus menjadi jalan keluar bagi rekan-rekan yang masih ragu dalam memilih berbagai distro linux dan ingin trial berbagai distro. Selamat mencoba !!! Insya Alloh segera aku posting artikel tentang cara penggunaan VMware.

Pengunjung Blog