Mematikan Autoplay (Autorun) Flashdisk & CD/DVD

Anda mungkin pernah mengalami kekesalan seperti yang pernah saya alami. Install baru saja selesai tapi sudah terkena virus lagi gara-gara tanpa sengaja kita memasukkan flashdisk atau CD yang ada virusnya.

Ada kalanya fasilitas autorun (autoplay) sangat bermanfaat bagi kita, tetapi di lain sisi fasilitas ini sudah dimanfaatkan oleh para pembuat virus untuk menyebarkan hasil karyanya. Agar karyanya (para pembuat virus) lebih cepat terpublikasi mereka memanfaatkan media flashdisk sebagai sarana penyebarannya.

Secara default, sistem windows selalu mengakifkan fasilitas autoplay ini karena dengan asumsi untuk mempermudah user mengakses flashdisk maupun CD/DVD. Windows secara otomatis akan membuka aplikasi windows explorer setelah user menancapkan flashdisk ke USB port atau memasukkan kepingan CD/DVD ke CD/DVD Writer. Hal ini yang kemudian dilihat para pembuat virus sebagai jalan masuk penyebaran virus, sehingga dengan mudah dia memasukan virus dari komputer satu ke komputer yang lainnya selain itu para pembuat virus juga memanfaatkan komputer yang terkoneksi ke jaringan.

Dari pengalaman di atas, berikut akan saya coba memberikan beberapa langkah yang mungkin dapat dijadikan sebagai solusi alternatif. Dari windows kita dapat mematikan fasilitas autorun dengan melalui GPEDIT.MSC.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:
1. Klik Start, Run kemudian ketik gpedit.msc


2. Pada jendela Group Policy pilih Local Computer Policy, Computer Configuration, Administrative Temples, System


3. Dobel klik Turn Off Autoplay, sehingga muncul tampilan berikut:


4. Secara default nilai yang tertera adalah Disable, untuk mematikan autoplay rubah nilai Disable menjadi Enable
5. Setelah itu silahkan Anda pilih turn off autoplay on
a. CD-Rom Drive untuk mematikan autoplay CD-Rom
b. All Drives untuk mematikan autoplay semua drive
Selamat mencoba, moga bermanfaat....

Catatan: Untuk mematikan autoplay flashdisk, pilih all drives

Pengunjung Blog