Istilah-istilah Penting WLAN



Access Point (AP)

Sebuah Access Point merupakan pusat penerimaan dan pemancaran sebuah jaringan wireless. Dengan menggunakanAP, perangkat wireless yang terhubung menjadi lebih banyak. Biasanya, sebuah router internet juga berfungsi sebagai AP.


Ad-hoc

Dalam sebuah jaringan Ad-hoc, dua WLAN card atau lebih saling terhubung satu sama lain, tanpa memerlukan sebuah Access sebagai simpul koneksi (node). Jangkauan jaringan seperti ini lebih kecil daripada sebuah infrastructure network


DHCP Server

Bertugas untuk menentukan dan memberikan alamat IP serta data jaringan penting lainnya secara otomatis kepada perangkat yang terhubung. Alamat perangkat ini akan berubah setiap kali penggua melakukan login. Namun, DHCP Server hanya akan memberikan alamat IP yang masih belum terpakai sehingga tidak terkjadi kesalahan konfigurasi/bentrok IP/IP conflict.


Hotspot

Hotspot merupakan area yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan melalui WLAN, termasuk juga internet.


IEEE 802.11x

Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), adalah sebuah lembaga yang melakukan standarisasi transmisi elektronik, sedunia. Lebaga ini telah menetapkan standar berikut:

802.11b (pada pita frekuensi 2,4 GHz, maksimal 11 MBit)

802.11a (pada pita frekuensi 5 GHz, maksimal 54 MBit)

802.11g (pada pita frekuensi 2,4 GHz, kompatibel dengan b, maksimal 54 MBit)

802.11h (pada pita frekuensi 5 GHz, maksimal 54 MBit, perluasan 802.11a)

802.11n (pada pita frekuensi 2,4GHz, nantinya maksimal 600 MBit, belum ditetapkan)


Infrastructure

WLAN yang dioperasikan dalam infrastructure mode menggunakan sebuah Access Point sebagai connection station terpusa. Jadi, jangkauannya lebih luas daripada sebuah jaringan Ad-hoc.


MAC Address

Dapat disamakan dengan sebuah serial number untuk network card. Hanya ada satu alamat unik untuk tiap perangkat. MAC Address dapat digunakan untuk melindungi jaringan WLAN.


Roaming

Perpindahan dari sebuah Access Point ke Access Point lainnya tanpa terputusnya koneksi. Tidak semua AP mendukungnya.


SSID

Service Set identifier, nama identitas jaringan sebuah WLAN. Untuk meningkatkan segi keamanan, pada Access Point keluaran terbatu, nama SSID ini tidak di-broadcast.


WEP

Singkatan dari Wired Equivalent Privacy adalah teknik enkripsi untuk komunikasi data dalam jaringan wreless, kurang aman dibandingkan dengan WPA.


Wi-Fi

Singkatan dari Wireless Fidelity. Beberapa produsen (3com, Acer, Apple, AMD, Intel, Sony, dan Siemens) membentuk Wi-Fi Alliance untuk menjamin perangkat mereka kompatibel satu sama lain.


Wireless Bridge

Nama untuk sebuah perangkat yang menghubungkan berbagai jenis jaringan, misalnya jaringan kabel denganWLAN.


WPA dan WPA2

Wi-Fi Protected Access. Tidak seperti WEP, teknik enkripsi ini masih (setidaknya) belum dapat dibobol oleh hacker. Standar ini tersedia pada perangkat dengan spesifikasi 802.11g dan 802.11n.


Artikel terkait:

Membuat HotSpot Area


ZahidOffset's Blog http://keluargarahmadi.blogspot.com

IT Today's http://hardsoftwareinfo.blogspot.com

PulsaGram http://www.pulsagram.com/?id=wj9559

Sumber: CHIP Special Pocket Wireless



Pengunjung Blog