Membuat HotSpot Area



Anda belum merasa enjoy dengan koneksi internet Anda? Alias terbelenggu oleh koneksi internet dengan jaringan kabel yang harus statis di satu tempat? Jika demikian yang Anda alami, pastikan membaca artikel ini untuk memperoleh beberapa alternatif, 1. Berpindah memakai jaringan 3G dari berbagai macam penyedia layanan 3G (Indosat, Telkomsel, dll), 2. Membuat jaringan wireless di rumah Anda (HotSpot Area).


Jika Anda harus berpindah dari layanan ADSL (speedy) ke layanan 3G yang disediakan oleh provider GSM maupun CDMA tentuah Anda memerlukan beberapa alat tambahan yang notabene relatif mahal. Minimal Anda harus membeli sebuah modem 3G lagi atau membeli handphone 3G, Haruskah Anda menghabiskan uang hanya untuk mendapatkan kenyamanan berinternet baik browsing maupun surfing dengan cara ini? Apakah permasalahan akan selesai dengan solusi ini? Tentulah tidak semudah itu, karena koneksi 3G juga dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggal Anda. Dalam hal ini Anda yang berlokasi di daerah pinggiran alias tidak tercover oleh sinyal 3G (daerah yang jauh dari layanan 3G) tentulah hanya akan memperoleh layanan koneksi internet via GPRS, yang tentunya tidak secepat layanan 3G.


Anda punya solusinya? Mungkin itu pertanyaan yang akan Anda lontarkan kepada penulis. Janganlah berputus asa sobat, karena solusi kedua akan segera penulis sampaikan.


Mungkin Anda pernah mendengar tentang hotspot area? Hotspot merupakan area yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan melalui WLAN (wireless LAN), termasuk juga internet. Selain itu yang perlu Anda ketahui adalah IEEE (institute of Electronics and Electronics Engineers) standart, yaitu lembaga yang melakukan standarisasi transmisi elektronik sedunia. Lembaga tersebut telah menetapkan standar yang dapat Anda baca di IT Today's (http://hardsoftwareinfo.blogspot.com).


Persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat Hotspot area, syarat pertama Anda harus punya koneksi internet (dalam artikel ini kita membahas koneksi dengan speedy). Apabila kita mendaftar sebagai anggota speedy tentulah kita telah memiliki modem ADSL baik dengan cara membeli sendiri ataupun paket dari telkom. Syarat yang kedua kita harus memiliki Wireless Router yang harganya berkisar antara 440.000-850.000, router ini berfungsi sebagai pembagi koneksi internet (internet sharing connection) secara wireless (tanpa kabel). Cara koneksinya cukup mudah:

1. Koneksikan kabel telepon kita ke modem ADSL kita,

2. Sambungkan Modem ADSL kita ke Wireless Router dengan kabel jaringan/LAN (biasanya kabel merk Belden) yang telah dipasangi conector RJ-45 di kedua sisinya,

3. Hubungkan Wireless Router dengan komputer kabel LAN,

4. Setting Wireless Router Anda melalui komputer yang telah terhubung secara wired LAN (dengan kabel).


Untuk pengaturan wireless route merk Linksys dan Belkin secara detail dapat Anda peroleh di buku manual Linksys dan Belkin. Selamat menikmat Hotspot area di rumah Anda, semoga bermanfaat.


Artikel lain:

Istilah-istilah penting WLAN


ZahidOffset's Blog http://keluargarahmadi.blogspot.com

IT Today's http://hardsoftwareinfo.blogspot.com

PulsaGram http://www.pulsagram.com/?id=wj9559


Sumber: CHIP Special Pocket Wireless, Linksys & Belkin manual books

Pengunjung Blog